Tuesday, June 3, 2014

Posted by mohammad rahman ardhiansyah
No comments | 6/03/2014 07:37:00 AM
Oleh: Lailatul Nur Ayudya (KI'11)


hmm... pengen nulis nih....inget masa2 perjuangan,,,,

OK lah.. mlai ja ya.....

* mmm...

pD tw PPKB UI gk? mmm.. iyya itu.. aq pilih FARMASI UI...
tp...AKU SANGAT KECEWA...
Aq udh nyiapin smwnya hingga nunggu pengumumn tgl 1 feb. jm08.00 (klo gksalah)...
Eh... pd hr itu jg PPKB dibatalkan... Zzzz..... [kecewa1]
pdhl aku sngat berharap bwt msuk PTN impianq.. yaitu UI
tp bbrp bln stlh itu... aku menyakinkn diri bahwa bnyak jalan yg lbh diridhoi Allah untuk mencapai itu
[Cemungud ea... ^^]

* Hmm... tmen2 pd ingat gk hr Senin, 16 Mei 2011?

ingt smw kn? hr itu pengumuman UN.
itu moment pntg n brhrga bwd aq. smw nak SMA q pada lulus n dpet nlai memuaskn.
tp dlm ht kecilq TIDAK!!!
rasanya aku sedih melihat nilaiku ancur.
.KAGET! nilaiku jauh lbh rendah dr tmen2 dktku..
aku 50an.. tmen2 pda dpet 56, 55,54,dll...
mmm Ya Allah, rasanya GK ADIL!  (Jgn tiru skpku yaaa....:))
Di rumah swktu tmen2 dtg ngmg in soal nilai UN..aq diem ja..
hingga ibuq tanya... "Nduk, lapo meneng wae? piro danemmu?"
Aq bingung jwb gmn....smpai akhrnya aku ksh tw yg sbnarnya..
dg wjah agk Kecewa ibuku blg "mm.. nlaimu kok jauh dr tmen2 dsni.."
Aq cuma bisa nangis gkngomong pa2... [kecewa2]
Ibuq jg nangis meliht aq.. Aku gkkuat meliht airmata Ibu..
Tp  aku  myakinkn diri
ALLAH sedang menempa diriku mnjdi sosok yg lbh kuat

* Waktu pnrimaan raport smstr 5... hatiku rasanya tawar (ROTI kalee..)

aq msh tringt batalnya ppkb ui...
shrsnya aq tetep brsyukur cz nilaiq SANGAT mmwskan..[^_^...1]
hingga tiba saatnya... Jreng Jreng....sssstttt... "Pendaftaran SNMPTN Undangan"
HMM... alhmdulillah.. Aq msuk kuota SNMPTN Undangan..
aq putuskan untuk pilih PTN IMPIANq..UI dan ikut BIDIKMISI
smpai2 ada kakak ITB yg nyuruh aq bwt msuk ITB.. aq tetep ngotot pilih UI
"Emoh... aq UI yo UI.. HARUS UI!"
Tp... smpat galau sih... aq bingung plih pa..
cz ada ksmptn bwt plih 6 jrusn dr 2ptn..
smpai2 aq smpt mw plih ITB FTTM (GKTW np pngn plih itu)
tp.. gkdibolehin sm ortu.. ortu ingn aq plih FK UI or UGM..
pdhl.. aq krg suka hafalan..
tp nurut aja lah... mgkn ini yg trbaik
dan akhrnya... ht ini q mntapkn !
ptn 1 aq plh UI FK (plhn 1) n Farmasi (plhn2)
ptn 2 plih UGM dg plhn yg sama..
hhmmmm.....aq SANGAT BERHARAP n YAKIN PASTI diterima..
seakan2 aq gk ingt bhwa HANYA ALLAH yg brkhndak ... astgfirrllahaladzm.. (Jgn ditiru!)
HMMM ,,, AQ sgt brhrp...
smpai2 aq sntai main2 gk bljr spnjang nunggu pngumumn itu...
Dan pada akhirnya.....
jreng.! 18 Mei 2011 jm 19.00 WIB... tiba sudah..
PENGUMUMAN SNMPTN UNDANGAN...
Hmm... aq bka wbsite snmptn dg ortu..
dan lagi2 [kecewa3]
aq menangis... aq kcwa ya Allah...
aq udh jungkir balik bljr ...
hingga nilai raport bagus..
tp... apa ini blsn untukq?
Ibu yg menangis dihadapnq krn aq tdk dterima...
Ayah yg sdg sakt pd wktu itu, menutupi isaknya driku..
Ia yg brusaha mmbwtq jd sosok yg tegar..
"yA Allah.. apa salahq... brtubi2 kgagalan yg Kau berikan pdaq"
lagi2 aku berusha myakinkn diri ini
bnyak jalan yg lbh diridhoi Allah untuk mencapai itu!
ALLAH sedang menempa diriku mnjdi sosok yg lbh kuat

*esok stlh itu... aq bingung...aq blm da prsiapan bwt snmptn tulis..

aq blm bljr.. aq gk ikut bimbel...
aq nangis di hdpn ortuq.. brhrp mrka mw mmbriq uang untuk ikt bimbel.
mski q twwktu krg 1 minggu lg..
aq cm ingn dpt bku2 bmbingn snmptn n ikut TO nya..
dan akhrnya... cincin pmbrian ibu aq jual untuk dftr bmbel.....
mrka sm sekali tkpnya uang wtu itu..
ya Allah malang skali aq...
bimbel dg wktu sesingkt itu pun krg efektif mnurutq...
aq bngg... ya Allah  hrs bgaimn lg....
AKU BISA!
Akhrya aku dftr SNMPTN TULIS..
aq sma sekali tdk mikir biaya dulu... itu urusan blkg..
yg pntg aq diterima..
wktu mnentukn plhn ptn...
aq bingung...... dlm hati.. aq ingin msuk PTN impianq UI
Tp ada rasa tkut yg terselip..
2 X aq coba slksi ke UI tp gagal..!
Akhirnya aq googling.. cri info PTN yg bgs..
Ortu mmbriq kebebasan dlm mmlih PTN n jurusan, kec.teknik
sblm mnntukn plhn... aq mmnta ptunjuk padaNYa..
tb2 hatiq trgerak untuk masuk ITB..
tdk trselip sm sekali untuk plh UI..
aq suka bidang pnlitian atau mdis .. akhnya aq plih FMIPA ITB (plhn1)
FKM UNAIR (plhn 2)
tiap pg... siang... mlm... aq bljr trus..
smw keluarga ksh smngat bwt aq..
terutma Ibu yg slu mndoakn2 dn mmbgnknq di sper3 mlm...
Ayah... yg slalu mnemaniq bljr untuk persiapn SNMPTN tulis...
bahkn ayah juga yg slalu buatin aq kopi susu (biar gk ngantuk)
n nyediain mknan bwt tmn bljrq...
(Love u , Mom, Dad...)
Hanya 5 hari persiapanq mnuju SNMPTN TULIS..(JGN DITIRU!!!)
aq takut untuk berharap..
Aq pasrah... malah aqtdk berharap sama sekali..
aq hanya brkeyakinan,,, PASTI ADA JALAN YG LEBIH INDAH
Namun ada rasa hampir mnyerah...

*spnjang mnunggu pngumumn SNMPTN Tulis.. aq ikut test STIS..

dan akhrnya dtrima thp 1...
itu yg memacu semangatku ''''''' [^_^...2]
"Ya Allah... ternyata aku mampu.. aku bisa.. "
smenjak itu aku bljr tiap hari...
aku siap jika aku memang tdk lulus sleksi STIS thp brikutnya
n tdk lulus SNMPTN... aQ SIAP!
masih byk jalur lain... SIMAK UI, UM UNDIP, Poltekes, PENS ITS, dll..

*waktu itu hr trkhir pndftrn SIMAK UI...

aQ msih pngn msuk UI...
aq bgg ikut DAFTAR SIMAK UI pa gk...
lg gkda uang.. sungkan untuk mnta ortu..
akhrya aq pnjam uang tmen,,, aq mnta tlg dy bwt dftrin aq SIMAK UI
[Thanks Ferdika...]
akhirnya aq trdaftr sbg pserta SIMAK UI

*30 Juni....2011... PENGUMUMAN SNMPTN TULIS...

tiap hr rasanya jantugng ini mw copot (Lebay...)
deg deg an tyus..
aku sudah siap apapun yg terjadi..
aku udh punya kesiapan untuk ikut jalur lainnya...
Pukul 19.00 WIB..
aq buka wbsite SNMPN ..
aq tkut kcwa... Ya Allah.. . nggak nggak!
ILA gk tkt Kecewa.. Siap trima apapun yg trjadi ...
akhrnya aq minta ibuq yg mmbca pngumumn,,
sdgkn aq mnutup mata..
prlhn.. trdengar suara isak tangis dari ibu q..
dan prilaku ayah yg mnymbunyikn isaknya..
Aq masih mnutup mata..
dlm hati aq mnangis "ya Allah, apa yg trjadii..? aq gagal lagi?"
"Aq bwt ortu kcwa lagi? mnapa mrka mnangis?"
Kubuka mata perlahan...
Subhanallah..
Alhamdulillah...
Rabb... jalanMu begitu indah..
aq diterima di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Institut Teknologi Bandung.. [^_^....3]
yg gkprnah terpikir sblmnya aq akan mlangkahkn kaki di  ITB...
dan yg pling aku syukuri...
aku ktrima BIDIKMISI...[^_^.....4]
Allahu Akbar!
pdhl aq ngrasa blm dftr bidikmisi jalur tulis...
eh ternyata Bu Rahma guru yg paling baik sedunia [lebay...]
udh dftarin aku....
mksh bnyk Bu... Love u

*Lantas... bgmana dg PTN IMPIAN q UI?

Hmm.. aq masih kpikirn sama keingan ortu
FK UI....
Akhrnya... aq mngikuti SIMAK UI...
dan waktu itu aq tidak lolos STIS thp 2..
(gk apa lah... udh da ITB)
dan......

tgl 19 Agustus 2011...

Tiba pngumuman SIMAK UI...
DEG DEG AN rasanya
tpi aku gk trlalu brharap...
hmmm...Wktu aq bka wbsitenya..
trnyata aku gk diterima di FK UI..
trus.. aq tinggalin laptopq n nglnjutkn kgtanq sblmnya...
Krna aq pesimis bisa MASUK UI...
aq gkbakalan diterima di UI
trus kakakq lyt pnguman yg trtulis di bwhnya,,
eh trnyata aq dtrima di FKM UI.. [^_^....5]
yA Allah,,, lagi2 aku seneng...
bertubi2 nikmat datng padaq...
...
Allah itu sutradara terhebat dalam hidupku..
Hingga smw org tkmammpu menebak
rencana terbaik apa yg akn Dia berikn  untuk mkhlukNya..

hmmmmm...

terus... Apa ya yg aq pilih?
ITB? tw UI?
psti kalian pada tw..
knp aq plih ITB?
bagaimana dengan PTN IMPIANq?
......
hmmm... tmukan jawabanya di catatanq brikutnya...

Semoga bisa jd inspirasi bwt kalian...

tetep smangat ya...
apapun yg trjadi...tetap syukuri
krn suatu saat Allah kasih yg terbaik buat kita..
Semua kn indah pada waktunya...

0 comments:

Post a Comment